30+ Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat Wisata di Magelang

Yuk lihat rancana perjalanan Anda untuk berlibur ini: Pergi ke Yogyakarta, berkunjung di Candi Borobudur, makan kupat tahu, serta kembali pada Yogyakarta. Apa semacam itu? Jika iya, Anda melupakan banyak pesona wisata indah serta menarik yang dapat memperkaya berlibur Anda.

Magelang memang masih tetap seringkali dipandang seperti add-on sewaktu liburan ke Yogyakarta. Walau sebenarnya tempat ini menaruh banyak tempat menarik yang sebetulnya susah dicari tandingannya. Ada peninggalan bersejarah, telaga dengan air sebening kristal, gunung tinggi serta hijau yang “bertebaran” sampai balai-balai ekonomi desa dengan citarasa serta keunikan semasing.

Nah, di sini kita akan membahas beberapa objek wisata di Magelang yang tidak ada hubungan dengan Candi Borobudur dan kupat tahu, sebab kedua-duanya telah sangat mainstream. Telah siap kan untuk bersama menjelajahinya?

Cara ke Magelang:

  1. Lewat Udara: Pintu masuk kota Magelang lewat hawa ialah Bandar Hawa Adisutjipto di Yogyakarta (48km), Bandar Hawa Adisumarmo di Surakarta (69km), serta Bandar Hawa Ahmad Yani di Semarang (86km). Ke-3 bandara ini tersambung dengan beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Denpasar, Bandung, Makassar, Surabaya, serta beberapa kota lainnya, dan Singapura serta Kuala Lumpur. Ke-3 bandar hawa ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Magelang.
  2. Lewat darat: Dari Jakarta lewat jalan Pantura, perjalanan ke Magelang mengonsumsi waktu seputar 9 – 12 jam, sedang dari Surabaya waktu tempuhnya seputar 7 – 9 jam. Pilihan jalan darat yang lain yaitu dengan kereta api lewat Yogyakarta lantas diteruskan dengan perjalanan darat ke arah Magelang. Stasiun Tugu di Yogyakarta melayani kereta api arah Jakarta, Surabaya, Bandung, serta Malang.

Referensi Tempat Wisata di Magelang paling Indah dan Terbaik


1. Gereja Ayam di Magelang

Gereja Ayam mungkin tidak asing lagi ditelinga wisatawan terpenting penduduk Magelang serta sekelilingnya. Tempat yang dipakai menjadi shooting film AADC ini saat ini hits serta ramai didatangi oleh wisatawan dari beberapa daerah. Walau keadaan dari Gereja ini tidak terurus akan tetapi keunikan bentuk fisiknya tidak kurangi minat wisatawan. Serta mengenai fakta unik dari objek wisata ini ialah jika bentuk fisiknya malah tidak berbentuk ayam akan tetapi lebih ke burung merpati yang di kepalanya ada mahkota.

Tidak hanya menjadi arah wisata, Gereja Ayam yang berlokasikan di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur ini dapat sering jadikan foto selfie serta pre-wedding.

2. Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang

Tidak hanya Gereja Ayam yang hits lewat media sosial, adalagi tempat wisata di Magelang yang saat ini ramai didatangi oleh wisatawan yakni Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang. Berlokasikan di Kaponan, Kecamatan Pakis, tempat ini saat ini semakin ramai sebab mempunyai view yang epic untuk muda-mudi berfoto selfie serta dipamerkan di media sosial seperti facebook serta instagram. Tidak diambil biaya untuk ke tempat itu, akan tetapi anda akan dipakai biaya ticket yakni Rp 2.000 untuk sepeda motor serta Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

3. Taman kyai langgeng

Taman kyai abadi adalah taman wisata yang telah populer dengan kesejukan serta keramahan lingkunganya. Di dalam taman wisata itu juga ada kebun binatang yang banyak disukai oleh anak-anak menjadi media edukasi.

Mengenai letak taman wisata kyai abadi yakni berada di jalan cempaka kira–kira satu km. dari pusat kota mengarah selatan. Serta taman kyai abadi mempunyai luas seputar dua puluh delapan hektar. Jika anda berwisata dari monumen jogja kembali kurang lebih jarak yang perlu anda tempuh sampai taman wisata kyai abadi seputar 42km. atau jika dari arah kopeng seputar 35 km, dari prambanan seputar 50km, serta dari arah wisata candi borobudur seputar 19 km.

Tidak hanya ada kebun binatang, pohon-pohon langka, gua serta patung raksasa seperti dinosaurus, dari sana juga ada pentas seni tradisionil yang menyengaja diselenggarakan untuk menghibur serta mengenalkan seni pada beberapa wisatawan tiap-tiap akhir pekannya

4. Alun-alun Kota Magelang

Jika jalan-jalan ke kota magelang tiada berkunjung ke alun-alun kota magelang rasa-rasanya ada yang menyusut. Tidak hanya karna memang strategis letaknya di dalam kota, di wisata kota magelang ini anda dapat juga berfoto ria di dekat menara air sebagai icon magelang saat ini. Menara air ini adalah bangunan peninggalan belanda, yang sampai saat ini masih tetap berperan dengan baik.

Alun-alun kota magelang di samping dekat dengan tempat peribadatan bagi umat islam, kristen, katholik serta konghucu, Dari sana anda dapat juga beli oleh-oleh sebab ada pula pusat belanja seperti matahari, gardena, serta pecinan.

Mengenai ketinggian menara yang berupa unik itu 15 mtr. serta saat ini bangunan itu dipakai untuk menyimpan air untuk keperluan masyarakat kota magelang. Pada hari-hari libur atau hari-hari spesifik alun-alun kota belum pernah sepi dari pengunjung, baik siang ataupun pada malam hari sebab memang dibuka untuk umum, ada hiburan konser band, serta ada bermacam kuliner yang siap untuk temani waktu enjoy anda.

5. Taman Bermain Badaan

Badaan adalah wisata daerah magelang berbentuk taman yang begitu pas untuk memanjakan putra serta putri anda. Walau tempatnya tidak demikian luas akan tetapi badaan mempunyai sarana yang cukup komplet untuk bermain anak-anak, sebab ada bermacam patung yang ukuranya serupa dengan hewan aslinya, ayunan, mobil-mobilan listrik, dan sebagainya.

Mengenai letak dari taman badaan itu ialah di pojok pada jalan Ade Irma Suryani serta jalan Pahlawan serta bersisihan bahkan juga bertemu dengan musium sudirman.

Di taman badaan juga bisa untuk menguji mental putra atau putri anda, yakni dengan cara putra serta putri anda berbaur dengan rekan sepantarannya yang belumlah sama-sama kenal awal mulanya sampai mereka sama-sama kenal serta bermain bersama dengan di taman badaan itu. Serta untuk ayah atau ibu yang bertandang juga bisa sekalian nikmati jajanan unik seperti bakso krikil, bakso mercon serta bermacam jajanan yang telah tersaji di seputar tempat badaan.

6. Panca Arga

Panca Arga adalah perumahan yang di kunjungi oleh beberapa pemimpin serta anggota TNI AD yang mempunyai kantor di akmil magelang. Panca Arga yang letaknya pas dikelilingi oleh lima gunung ini bukan sekedar menjadi tempat untuk pekerjaan akan tetapi juga untuk rekreasi, sebab di tempat itu anda serta keluarga dapat lihat beberapa barang peninggalan seperti meriam atau alat perang saat menantang belanda.

7. Bukit Tidar

Bukit Tidar terdapat di magelang utara persisnya di dalam kompleks akademi militer. Bukit tidar dimaksud dengan pakunya tanah jawa. Serta di bukit ini dapat ada petilasan makam leluhur masyarakat magelang serta makam seseorang syech subakir dari persia serta Kyai Spanjang salah satunya penebar agama islam di tanah jawa dulunya.

Bukit tidar walau tidaklah terlalu tinggi akan tetapi mempunyai beberapa pohon yang rimbun, hingga seringkali dikatakan sebagai paru parunya kota magelang, sebab dapat memberikan kesejukan serta kesegaran hawa di seputaran kota magelang.

8. Pecinan Magelang

Pecinan atau jalan pemuda magelang atau di ucap juga malioboronya magelang adalah wisata kota magelang yang jadikan menjadi pusat belanja yang cukuplah ramai serta komplet, dari mulai toko perhiasan, restauran, oleh-oleh, dan lain-lain. Serta pecinan ini dapat adalah jalan utama dari kota magelang, sebab ada pas di samping alun-alun kota.

9. Candi borobudur

Candi borobudur memang tidak asing lagi ditelinga kita, tidak cuma jadi tempat wisata di Magelang saja, tapi telah jadi Icon Tempat Wisata Indonesia. Sebab candi ini lah yang sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia yang sempat ada. Walau populer menjadi destinasi wisata di jogja, akan tetapi sebetulnya candi borobudur ini terdapat di lokasi kabupaten magelang, persisnya di jika dari semarang +- 100 KM, dari surakarta -+ 86 KM serta 40 KM jika anda dari jogja.

Untuk kenal histori candi borobudur, ticket masuknya juga cukuplah dapat dijangkau Rp. 30.000 khusus dewasa serta 12.500 untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Membuka dari jam 06.00 – 17.00.

10. Candi Pawon

Candi pawon atau nama lainnya candi brajanalan ini terdapat tidak jauh dengan candi borobudur, jarak dari candi borobudur ke candi pawon seputar berjarak tempuh 2 KM. Jika dari arah candi mendut berjarak tempuh sekitari 1 KM. Yang unik letak candi mendut, candi pawon serta candi borobudur mempunyai garis lurus yang memberikan makna jika ke-3 candi itu mempunyai jalinan histori yang begitu erat. Bahkan juga candi pawon sendiri adalah upa angga atau bagian dari candi borobudur. Nama asal dari candi pawon ialah pawuan yang mempunyai makna tempat menaruh abu .

Batur candi pawon mempunyai ketinggian seputar 1,5 mtr. serta denahnya berupa sisi empat. Uniknya lagi pinggir candi pawon dibuat berliku-liku yang mempunyai dua puluh pojok, batur dari dinding dihiasi dengan pahatan beberapa motif yang berupa sulur-suluran, menjadi keunikan agar tampak lebih ramping seperti candi hindu serta berlainan dengan candi budha lainnya.

Pintu masuk ke ruang pada tubuh candi pawon yakni terdapat disamping barat, diatas ujung pintu masuk ada hiasan kalamakara tiada rahang bawah. Tangga ke arah selasar diperlengkapi dengan pipi tangga dengan pahatan pada dinding luarnya.

11. Candi Mendut

Tempat wisata di Magelang Jawa Tengah yang selanjutnya ialah Candi Mendut ialah candi yang letaknya ada di sangat timur dari garis lurus tiga serangkai candi barusan. Pada bagian dalam candi ini ada ruang yang berisi altar tempat tiga arca Budha berdiri, serta kondisi arca itu sampai saat ini masih tetap utuh. Relief-relief yang ada pada dinding candi ini masih tetap jelas tampak memiliki bentuk. Relief itu memiliki kandungan narasi berbentuk ajaran kepribadian dengan memakai beberapa tokoh binatang menjadi pemerannya. Untuk dalam penemuan tempat situs bersejarah candi mendut pada tahun 1836. Lalu diperbaiki pada tahun 1897 serta 1904. Pada tahun 1908 dipugar kembali oleh arkeolog belanda sampai bagian puncaknya teratur. Serta pada Tahun 1925 beberapa stupa kembali dirapihkan, dipasang serta disusun lagi. Mengenai luas bangunan candi mendut itu ialah 13,7×13,7 meterdengan tinggi 26,4 mtr..

12. Candi Ngawen

Candi ngawen letaknya dekat pasar muntilan terbagi dalam lima candi, akan tetapi sampai saat ini yang masih tetap utuh cuma satu, bekasnya telah jadi puing-puing. Mungkin sebab jauh dari jalan utama hingga jaraknya berasa jadi jauh bagi pengunjung yang akan lihat keunikan dari candi ngawen itu. Candi ngawen berdiri di dekat pemukiman masyarakat serta sawah. Tempat candi ngawen masih juga dalam lingkup kelurahan gunung pring kecamatan muntilan yang populer dengan wisata religinya yakni makam beberapa leluhur.

13. Candi Canggal

Wisata Magelang Jawa Tengah yang selanjutnya yakni Candi canggal atau di ucap juga candi wukir ini terdapat di dusun Canggal, Kelurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini ada diatas Bukit Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan lokasi Jawa Tengah serta Yogyakarta.

Candi canggal atau candi wukir adalah peninggalan candi hindu, serta untuk penemuan situs candi itu diprediksikan tahun 732 M. Candi canggal dibangun pada pemerintahan raja sanjaya dari jaman kerajaan mataram kuno. Pada tahun 1879 banyak di dapatkan prasasti canggal yang telah kita kenal sampai saat ini. Komplek ruang puing-puing candi memiliki ukuran 50 mtr. x 50 mtr..

14. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo terdapat di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Selo berarti batu sedang griyo ialah rumah menjadi selogriyo berarti rumah dari batu, penduduk yang bertempat seputar candi itu mengatakan dengan bhs jawa yakni omah watu.

Candi Selogriyo ini berdiri dengan sendiri serta terdapat pas di lereng tiga bukit yakni bukit cenderung, giyanti serta malang. Ada di ketinggian kurang lebih 648 mdpl.

Akses untuk sampai ke Candi selogriyo dari pemukiman masyarakat paling dekat cuma dapat di lewati dengan berjalan kaki atau mungkin dengan mengendarai sepeda motor. Sebab akses jalan yang masih tetap susah untuk di jangkau dengan kendaraan roda empat.

15. Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari adalah candi yang terdapat di Dusun Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. akses jalan ke arah candi gunung sari bagi pengunjung cuma mengikiuti arah jalan magelang jogya di km 24, disana anda akan temukan yang namanya dusun gulon kecamatan salam kabupaten magelang. Sesudah anda sampai dusun gulon disana ada papan arah untuk ke arah candi gunung sari, bila anda berkendaraan sepeda motor sesampainya di kompleks anda dapat menitipkan sepeda motor lantas berjalan kaki untuk ke arah tempat wisata.

Keindahan wisata candi gunung sari sebetulnya ada di alam sekelilingnya, yang tampilkan pemandangan indah serta asri.

16. Candi Lumbung

Dari namanya telah unik serta memiliki kandungan histori yang sakral, ada peluang pada jaman dulu candi lumbung dipakai untuk menaruh bekal makanan atau hasil bumi.

Letak candi lumbung yang dulu berjarak seputar 750 mtr. dari tempat saat ini. Sebab cemas peninggalan histori ini hilang yang dikarenakan oleh banjir lahar dingin sebab bersisihan dengan sungai aliran merapi, jadi dikerjakan pemindahan.

Candi lumbung yang saat ini Terdapat di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang,yang bersisihan dengan candi asu sengi serta candi pendem.

Bangunannya berdiri diatas batu berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8,43 x 8,43 mtr., serta menghadap mengarah barat. Atap candi yang sekarang tidak utuh ini malah menarik wisatawan untuk mengunjunginya menjadi bahan riset Di bagian barat daya candi ini cuma tersisa bebatuan yang banyaknya sedikit serta menumpuk di dalam candi lumbung. Serta dalam bebatuan bangunan candi ada ukiran serta bentuk hewan, yang mempunyai arti sendiri. Candi lumbung adalah peninggalan hindu yang diprediksikan berdiri pada era 8.

17. Candi Pendem

Bila anda telah masuk daerah wisata candi lumbung anda dapat juga nikmati uniknya objek wisata magelang jateng yang lain seperti candi pendem ini, sebab jaraknya yang tidaklah terlalu jauh. Diluar itu anda juga bisa berkunjung ke candi asu, yang letaknya kira-kira 150 mtr. arah barat daya candi pendem. Candi Asu tampak dari jalan yang menghubungkan Desa Tlatar dengan Desa Ampel.

Candi Pendem ini adalah peninggalan hindu, yang tempatnya ada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan ke arah candi pendem cuma dapat dengan berjalan kaki sebab jalan hanya satu anda mesti melalui pematang sawah yakni tempat sawah punya pertanian masyarakat setempat.

18. Candi Asu Sengi

Sesudah anda tiba di candi lumbung serta candi pendem, sekarang anda dapat sekalipun bertandang ke tempat Candi Asu yang berjarak seputar 150 mtr. arah barat daya dari candi pendem. Candi Asu Sengi adalah objek wisata di Magelang yang berbentuk candi hindu atau tempat suci untuk lakukan pemujaan pada arwah leluhur ataupun arwah raja-raja dan dewa.

Letak candi asu berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, pas ada di lereng Gunung Merapi, samping barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan.

Candi asu sejak di dapatkan oleh masyarakat tidak ada atapnya, sebab memang candi itu serupa dengan hewan anjing jadi masyarakat setempat memberi nama candi asu.

19. Pemandian Kali Bening

Pemandian kali bening terdapat di Desa Payaman, Kecamatan Secang. Pemandian kali bening ialah kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air yang besar sekali serta jernih. Mengapa di namakan kali bening ? kali dalam bhs indonesia ialah sungai mengenai bening mempunyai arti jernih, itu dua suku kata yang kekal sampai saat ini. Pada tahun 1970, kali bening jadi pemandian sangat moderen di Magelang.

Kali bening ramai di hari libur atau acara tahunan seperti padusan serta syawalan. Akan tetapi bersamaan berjalanya waktu, kali bening sekarang memiliki sarana bermain yang menarik seperti taman serta kebun binatang. Yah walau cuma ada banyak hewan saja, akan tetapi karenanya ada sarana itu dapat mengubah pemandian ini jadi tambah lebih menarik ditambah dengan panorama gunung sumbing serta bukit-bukit yang ada di kaki gunung sumbing.

20. Pemandian Air Hangat Candi Umbul


Candi umbul adalah objek wisata di magelang yang berbentuk pemandian air hangat yang terdapat di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi umbul adalah salah satunya situs purbakala yang populer dengan air panas serta hangat. Pemandian candi umbul terbagi dalam dua kolam, yakni kolam air panas atau hangat yang satunya lagi kolam pemandian air tawar. Pemandian yang memiliki nuansa candi ini sejarahnya pada jaman dulu ialah menjadi pemandian beberapa putri raja sesudah lakukan ritual spesifik di candi borobudur.

Akses jalan ke arah wisata daerah magelang persisnya di candi umbul jika dari arah jogja serta semarang sesampainya di kecamatan secang, anda mesti memutar dari arah secang mengarah kecamatan grabag. Serta bagi anda yang mengendarai sepeda motor anda dapat ikuti panduan arah ke tempat wisata candi umbul yang terdapat di desa karto harjo kecamatan grabag.

Walau wisata pemandian candi umbul itu tidak mempunyai candi, akan tetapi tempat tersebut di dominasi oleh bebatuan yang umumnya ada di bagian bangunan candi, histori telah menyampaikan jika candi umbul itu ada hubunganya dengan candi borobudur.

Kelebihan dari candi umbul yakni mempunyai sumber mata air asli yang mempunyai unsur panas, hingga beberapa wisatawan yang sempat hadir untuk bertandang serta berendam di kolam candi umbul akan ketagihan untuk hadir kembali. Ditambah lagi untuk anda atau bagian keluarga anda menderita penyakit kulit, dapat coba berendam di tempat ini. Sebab menurut riset, air panas ini memiliki kandungan belerang serta dapat menolong mengobati penyakit seperti penyakit kulit.

21. Ketep Pass

Wisata alam yang mempunyai nama gardu pandang itu terdapat di ketep sawangan, kabupaten magelang. Objek wisata gardu pandang mempunyai pemandangan yang indah juga mencemaskan sebab letaknya yang bersisihan dengan gunung merapi. Akan tetapi pemandangan alam yang memberi nuansa kesejukan membuat beberapa pengunjung banyak yang datang untuk nikmati situasi alam di wisata gardu pandang ketep cocok. Serta mengenai sarana yang berada di object wisata gardu pandang ketep pass ini cukup sudah lengkap, seperti teropong dan sebagainya.

Ketep Pass ada Tempat di puncak Bukit Sawangan [pertengahan pada Gunung Merapi serta Gunung Merbabu]. Asset jalan ke wisata gardu pandang dari kota magelang seputar 30km. Menjadi bila anda bertandang ke tempat wisata lainnya seperti borobudur, taman kyai abadi atau yang lain, sebaiknya anda juga coba ke destinasi wisata magelang jateng yang satu ini. Ditanggung anda akan tidak sedih karna panoramanya yang begitu mengagumkan serta alami selalu memberikan ide sendiri.

Sedang untuk ticket masuk ke object wisata gardu pandang ketep pass ini sangat dapat dijangkau buat isi dompet anda serta keluarga.

22. Air Terjun Kedung Kayangan


Object wisata Air Terjun Kedung Kayang terdapat di jalur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 (Dua) gunung yaitu Gunung Merbabu serta Gunung Merapi. Atau lebih persisnya di seputar perbatasan kabupaten Magelang serta Boyolali,yakni di antara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang serta Desa Klakah, Kabupaten Boyolali.

Air terjun yang mengalir di object wisata itu berasal dari gunung merbabu. Dengan ketinggian 39 M serta kandungan airnya yang jernih dapat membuat daya tarik sendiri bagi pengunjung, pecahan dari air terjun sebab jarak yang cukup tinggi rasanya demikian sejuk menyentuh badan.

23. Gardu Pandang Babadan

Gardu pandang babadan adalah object wisata yang memiliki nuansa pegunungan, sebab umumnya pengunjung yang ada tidak lainnya cuma ingin lihat pemandangan indah panorama gunung. Serta tempatnya juga strategis untuk memonitor kegiatan gunung merapi, sebab jaraknya yang bersisihan yakni seputar 4km dari babadan.

Kegiatan hiburan di gardu pandang babadan tidak hanya pemandangan yang indah, dari sana anda dapat lihat film theater volcano yang memvisualisasikan letusan-letusan Gunung Merapi, hujan batu, awan panas, serta percikan batu pijar.

24. Air Terjun Sekar Langit


Air Terjun Sekar Langit yang terdapat di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelangini mempunyai ketinggian -+ 30 mtr. dari permukaan bawah.

Serta di object wisata sekar langit ini dapat ada ketentuan sendiri bagi beberapa pengunjung. Jika langit mendung serta mendekati turun hujan, pengunjung dilarang keras untuk ada di seputar tempat, perihal ini di tegaskan untuk keamanan beberapa wisatawan sebab dimusim penghujan, tempat itu seringkali berlangsung air bah yang muncul dari hulu.

Akses jalan ke arah tempat benar-benar adventure, jalan aspal yang berkelok serta terjal jurang yang anda mesti anda lalui. Bila anda dari arah kopeng, untuk sampai tempat sekar langit berjarak 5 KM dapat anda tempuh dengan mobil pribadi atau sepeda motor. Apabila anda hadir dari arah kota magelang, dapat lewat jalan grabag kurang lebih 15 menit.

Jarak tempuh bila anda telah tiba pintu gerbang cuma seputar 500 mtr. untuk sampai tempat, anda akan berjalan menjejaki jalan setapak yang naik dan jembatan yang diitari pohon pinus.

25. Curug Silawe

Curug lawe adalah satu object wisata air terjun yang terdapat di dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Object wisata curug silawe tempatnya cukuplah jauh jika ditempuh dari Kota Magelang. Akses jalan ke arah curug silawe juga cukup susah, sebab memang kehadiran object wisata itu demikian tersembunyi serta ada di lereng gunung. Mengenai ketinggian tempat object wisata itu seputar 500 m dari permukaan laut.

Walau tempat ini tersembunyi, akan tetapi wisatawan yang hadir banyak. Ini karena keasriannya yang masih tetap terbangun dengan baik.

26. Kali Progo

Untuk anda yang memiliki rintangan wisata arung jeram di Magelang, berikut tempat yang pas. Sebab Kali Progo mempunyai tiga bentuk rintangan arus air. Yang pertama yakni kali progo atas letaknya di belakang hotel puri asri magelang., tempat ini disiapkan untuk pemula serta ditanggung keamanannya. Dengan jarak tempuh seputar 9 KM.

Yang ke-2 yakni progo hulu, startnya dari kandangan temanggung serta finis di jembatan payaman. Arung jeram juga bisa dikerjakan saat musim hujan turun, peserta yang tidak dapat berenang diijinkan ikuti dengan kriteria usia di atas 15 tahun. Rintangan yang akan dihadapi nanti ialah anda akan melalui dua dam dengan ketinggian 3 serta 5 mtr.. Ini telah jadi keunikan dari kali progo hulu, panorama dataran tinggi serta bebatuan yang berada di sungai jadi rintangan bagi peserta arung jeram.
Datangi : Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Yang ke tiga yakni progo bawah, ini adalah medan serta tantang sangat susah untuk bagi penggemar arung jeram serta tidak diijinkan untuk pemula. Startnya dari Jembatan Klangon Kabupaten Magelang serta finis di jembatan Dekso. Mengenai debet air cukup besar sebab memang air yang mengalir melalui kali progo bawah adalah luapan dari kali-kali paling besar yang berada di seputar progo.

27. Kali Elo

Object wisata kali elo magelang ini bisa anda datangi selama musim dengan trip yang begitu pas bagi beberapa pemula. Dengan panorama yang indah serta jeram yang dapat menggoyangkan perahu anda ini jadi daya tarik sendiri. Mengenai jarak tempuh seputar 10 – 11 KM dengan waktu waktu tidak lebih dari 3 jam.

Object wisata air yang bernama kali elo ini telah berjalan dari tahun 1997 serta sampai saat ini ada banyak didatangi oleh wisatawan dari beberapa pelosok. Serta bagi anda yang akan lakukan arung jeram di kali elo ini, nanti anda akan dipandu serta didampingi oleh operator profesional, jaditidak butuh lagi cemas untuk mencobanya.

28. Puthuk Setumbu

Punthuk Setumbu terdapat di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk Setumbu adalah bukit atau Tempat terfavorit untuk nikmati sunrise borobudur.

Saat waktu subuh tiba dari punthuk setumbu anda dapat lihat panorama yang mengagumkan yakni lautan kabut putih serta kerlip lampu yang dilatar belakangi oleh pegunungan yakni gunung merapi serta gunung merbabu. Borobudur juga jadi lelap oleh selimut kabut tebal pada malam serta pagi hari, berikut momen yang tetap jadi masa lalu sendiri bagi beberapa pengunjung di bukit punthuk setumbu.

Walau wisata punthuk setumbu ialah satu bukit yang tidak tinggi, akan tetapi untuk sampai puncak bukit itu anda mesti berjalan kaki. Ticket masuk ke wisata punthuk setumbu ialah Rp. 15.000 serta Rp. 25.000 untuk wisatawan asing.

29. Gunung Andong


Wisata pegunungan di indonesia mempunyai memang mempunyai bermacam destinasi, diantaranya Gunung Andong yang mempunyai puncak ketinggian 1.726 mdpl ini. Bila anda sampai di puncak anda akan lihat panorama kota yang telah anda kenal serta anda lalui sebelum anda sampai di wisata gunung andong seperti kota magelang, ambarawa serta salatiga. Akan tetapi yang lebih menarik lagi yakni saat anda dapat melihat gunung merapi, sindoro serta gunung sumbing.

Tempat gunung andong adalah tempat latihan bagi beberapa pendaki pemula sebab waktu waktu yang anda perlukan untuk sampai puncak cuma seputar dua jam.

Untuk ke arah tempat basecamp pendakian anda dapat menyewa kendaraan atau anda meminta diantar oleh tukang ojek. Tempatnya ada di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak. Setiba di basecamp, anda tinggal lakukan register dengan membayar Rp. 3.000 untuk satu orang. Akan tetapi bila anda memakai motor, jadi dipakai biaya parkir Rp. 3.000 per motor + penitipan helm Rp. 1000.

Gunung yang bertipe perisai. Secara administratif terdapat di dua kecamatan yakni Kecamatan Ngablak serta Kecamatan Grabag.

30. Telaga Bleder

Telaga bleder adalah tempat wisata Magelang yang terdapat di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Tidak hanya hawa yang sejuk serta jauh dari polusi udaha, di Telaga Bleder anda juga bisa coba sarana lainnya seperti speed boat, becak air sampan serta sepeda air.

Telaga bleder ini adalah danau alami yang memiliki ukuran kecil. Danau itu tercipta dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang berada di seputar tempat. Hingga menarik perhatian pemerintah setempat untuk meningkatkan tempat ini menjadi tempat wisata. Serta saat ini wisata telaga bleder ini dikonsep lebih ke wisata keluarga. 



Diatas adalah tempat wisata di Magelang buat referensi liburan kesana bareng keluarga maupun rekan-rekan dan masih banyak lagi tempat wisata di Magelang yang wajib kamu kunjungi.

0 Response to "30+ Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Kamu Kunjungi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel